Friday, October 30, 2009

Membuat Blog dengan Blogspot

Membuat Blog dengan Blogspot

Di sini saya ingin berbagi pengalaman tentang langkah-langkah sederhana membangun sebuah blog dengan menggunakan Blogspot (Blogger).

Sebelum memulai sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu dengan memahami apa itu blog, blog adalah buku harian pribadi. Mimbar Anda setiap hari. Kotak sabun politik. Outlet berita terkini. Koleksi link. Pikiran pribadi Anda sendiri. Catatan untuk dunia.

Blog Anda menjadi apapun yang Anda inginkan. Ada berjuta-juta blog, dalam segala bentuk dan ukuran, dan tidak ada aturan yang sesungguhnya.

Dalam terminologi sederhana, sebuah blog adalah sebuah situs web, di mana Anda menuliskan hal-hal yang berbasis peristiwa yang sedang berlangsung. Hal yang baru tampil di paling atas, sehingga pengunjung Anda dapat membaca apa yang baru. Kemudian mereka dapat mengomentarinya atau menambahkan link atau mengemail Anda. Atau tidak.

Sejak Blogger diluncurkan pada 1999, blog telah mengubah bentuk web, mempengaruhi politik, mempertajam jurnalisme, dan memungkinkan jutaan orang untuk memiliki suara dan terhubung dengan yang lain. (http://www.blogger.com/tour_start.g)

Nah sekarang siap untuk membangun blog, langkah pertama adalah kita siapkan terlebih dahulu tema dan materi apa yang akan kita masukkan dalam blog tersebut. Setelah tema kita dapatkan kemudian kita lanjutkan dengan menentukan kategori-kategori utama dari tema yang telah kita tentukan itu.

Setelah tema siap, sekarang kita mulai, arahkan alamat ke www.blogspot.com. Di sini kita akan diarah ke Blogger, jangan heran karena Blogspot sudah diakuisisi oleh Google (blog Google bernama Blogger). Untuk mempermudah, disarankan kita sudah mempunyai akun email di Gmail (Google Mail), jika belum silakan buat akun Gmail di www.gmail.com.


Membuat Blog dengan Blogspot

Untuk memperlancar dalam pemahaman, ubah bahasa menjadi bahasa Indonesia. Langkah selanjutnya klik ‘Ciptakan Blog Anda’.



Isi form email dengan alamat email Gmail Anda, dan password (disarankan minimal 6 karakter dengan kombinasi angka dan huruf). Nama tampilan adalah nama yang nantinya muncul di header blog Anda. Isi kolom verifikasi kata sama dengan image yang ada di atasnya (dalam contoh tertulis ‘tokedn’. Centang pilihan persetujuan menerima persyaratan (untuk mengetahui persyaratan silakan klik link persyaratan dan layanan) kemudian klik ‘Lanjutkan’.



Judul blog diisi sesuai dengan nama header blog Anda, alamat diisi dengan alamat dimana blog Anda nantinya dapat diakses (disarankan sama dengan judul header blog). Selanjutnya klik ‘Lanjutkan’ untuk masuk tahap selanjutnya.



Langkah terakhir adalah menentukan tema tampilan blog. Silakan pilih tampilan blog berdasarkan template yang telah ada, template ini nantinya dapat kita ganti lagi. Untuk melihat contoh tampilan blog kita dapat mengeklik pada gambar, di sini kita akan dibawa untuk melihat tampilan blog dalam ukuran sebenarnya. Setelah tampilan kita tentukan, selanjutnya klik ‘Lanjutkan’.



Sampai di sini proses membuatan blog selesai.

No comments:

Post a Comment