Monday, November 2, 2009

Tips Membeli Notebook

Mencari spesifikasi notebook yang cocok dengan aplikasi dan cara pakai kita bisa dikatakan gampang gampang susah. Ini akan menjadi artikael yang harapanya memberi kemudahan kita semua yang sedang mencari notebook idaman dan pas untuk keperluan usaha, belajar, dan komunikasi. Jangan lupa untuk memberikan usulan dan umpan balik sehingga artikel ini bisa makin tepat sasaran.

Mengejar Chipset dan Prosessor Lebih Tinggi
Uang lebih yang kita keluarkan pada kategori ini sebagian pergi ke memilih prosessor yang lebih cepat. Anda bisa mendapatkan Intel Pentium Dual Core dengan Mhz yang lebih tinggi ( contoh Intel T3200 / T3400 ), atau bahkan Intel Core 2 Duo ( contoh Intel T5900 / T6400 ). Yang perlu Tambah.info ingatkan adalah jangan hanya memilih prosessor yang lebih tinggi, tapi juga perhatikan chipset dari notebook itu. Chipset yang cepat dan modern akan mempengaruhi performance keseluruhan notebook. Ini berlaku ketika kita memilih antara chipset SiS atau Intel.

Ketika memilih antara chipset yang satu generasi ie Intel GL960 - Intel GM965 ( generasi sebelumnya ) atau Intel GL40 - Intel GL45 - Intel GM45 ( generasi terakhir ) maka tidaklah harus selalu memilih kelas yang paling tinggi. Lihat perbandingan berikut :


Informasi Awal :

* Intel GMA 4500MHD di sistem operasi Windows Vista mendukung kemampuan akselerasi video High Definition standard H.264/AVC di kartu grafis itu sendiri ( mengurangi beban CPU ). Contoh dari video H264/AVC adalah film Blu-ray, Quicktime HD, atau WMVHD
Pada Intel GMA 4500M ( tanpa HD ) maka prosessor yang akan melakukan tugas mengolah film HD sehingga bebannya akan lebih besar.

Mengejar Graphics ATI atau NVIDIA
Ada dua model AMD yang menonjol di kisaran harga ini, yaitu Compaq Presario CQ40-104AX dengan graphics ATI Mobility Radeon HD3450, sekarang digantikan oleh CQ40-401AU serta CQ45-110AU (keduanya dengan Integrated ATI Radeon HD3200 ). Acer Aspire 4530-741G25Mn dengan graphics integrated NVIDIA GeForce 9100M yang populer kini diganti oleh Acer Aspire 4535-741G25Mn graphics ATI Mobility Radeon HD3200. AMD menjadi pilihan karena dengan harga yang relatif lebih rendah dibanding model model Intel, mereka datang dengan kemampuan graphics yang lebih bagus.

BenQ Joybook R47-L.E18 menonjol dengan graphics dedicated NVIDIA 9300M GS dan harga yang rendah Rp. 6,999,000. Compaq tidak mau kalah dengan mengeluarkan Compaq Presario CQ40-419TX dengan graphics dedicated NVIDIA G103M 512 MB dengan harga US$ 649.

Konektifitas

Pada kelompok harga notebook ini maka bisa mengharapkan adanya Bluetooth, Webcam, modem dial up sebagai kelengkapan standard. Ada memang model yang sudah memasangkan interface HDMI untuk koneksi ke LCD TV dan monitor.
Fasilitas networking pada kelas ini semuanya datang dengan WiFi 802.11b/g dengan pengecualian Advan G2T-35F yang memasangkan Intel WiFi 5100AGN untuk kemampuan koneksi yang lebih cepat secara wireless ( dengan asumsi WiFi router anda juga mendukung Wireless N ).


After Sales
Semua notebook dikelas ini mempunyai garansi 1 tahun untuk suku cadang. Sedangkan garansi ongkos kerja bervariasi antara 1 tahun hingga 2 tahun. Tidak ada yang menawarkan model notebook dikelas ini dengan garansi service ditempat. Dell Vostro A840 adalah perkecualian. Tawaran Vostro ini tentunya ada hubungan dengan kenyataan bahwa Dell Vostro ditujukan untuk perusahaan kecil dan menengah.
Bila kita memang perusahaan kecil menengah yang tidak mempunyai orang IT untuk mendukung operasi kita, sedangkan kecepatan kerja perusahaan sangatlah tinggi, maka tidak ada salahnya untuk menanyakan kepada penjual notebook anda untuk mendapatkan penawaran sekaligus sudah dilengkapi dengan perjanjian service ditempat.

No comments:

Post a Comment